Sabtu, 09 April 2011

85 hektar Lahan Produktif Terancam Punah

Reban Kope / Bendungan Kope

      Sekitar 85 hektar lahan produktif yang berada di wilayah Kecamatan Rhee Kabupaten Sumbawa yang mengairi lahan persawahan Desa Sampe dan Desa Rhee Loka semakin hari semakin memprihatinkan, pondasi talud penahan air hanyut dibawa banjir bandang pada tanggal 1 April 2011 lalu, sedangkan saat ini padi dalam keadaan bunting dimana masa ini padi sangat-sangat membutuhkan air, apa bila tidak terairi dengan baik maka akan terancam gagal panen saat ini dan selamanya.
       Ditahun 2006 dan 2008 pernah ada perhatian pemerintah kabupaten untuk memperbaiki namun sudah hanyut ditelan banjir. Sekarang ini masyarakat Desa Sampe dan Desa Rhee Loka masih mengharapkan bantuan yang sama dengan rancangan yang lebih sempurna seperti yang dikatakan oleh Bpk. Basori staf kantor Camat Rhee yang membidangi hal ini melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kab. Sumbawa.
        Saat ini untuk mengatasi permasalahan sementara masyarakat mulai bergotong-royong dengan peralatan seadanya dengan tujuan air bisa masuk untuk mengairi padi yang sedang bunting walaupun tidak bisa maksimal.

Foto Kondisi Bendungan Kope.



By. Firman (Anginrenas_komunitas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar