Rabu, 30 Mei 2012

PEMANFAATAN LIMBAH HEWAN TERNAK SEBAGAI SUMBER ENERGI ALTERNATIF

Di saat masyarakat kesulitan mendapatkan minyak tanah ternyata Limbah dari kotoran hewan yang selama ini hanya digunakan sebagai pupuk kandang /kompos dapat menjadi alternatife sumber energi.
Seiring mulai dikembangkannya energi “BIO  GAS” yang berbahan baku utama kotoran hewan seperti sapi dan kerbau, energi bio gas yang diuji coba di rumah bapak Lalu Nujum  dusun Rhee Beru desa Rhee kecamatan Rhee,menurut bapak Lalu Nujum pada saat pengisian pertama kotoran ternak sebanyak 15 Kereta ARTCO ( setara dengan kurang lebih 150 kg) dan dicampur dengan air sampai tangki penampung penuh dan energy yang dihasilkan dapat bertahan selama 1 ( satu ) minggu dengan menggunakan 1 ( satu ) buah kompor gas.
pembangunan infrasrtukur pendukungnya berbiaya sekitar Rp 6-7 juta, dan dalam ujicoba ini merupakan bantuan dari Dinas Peternakan Kabupaten Sumbawa.
Dengan biogas ini, bisa menghemat karena tidak lagi membutuhkan minyak tanah untuk memasak di dapur, dengan rincian 4 liter minyak tanah per hari atau kurang lebih 120 liter per bulan. Itu berarti kebutuhan bulanan minyak tanah keluarga setara Rp 420.000" jelas bapak Lalu Nujum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar